Selasa, 12 April 2011

Trik Menjadi Web No. 1

"Mudahnya membuat web seperti membuat mie instant". Sebuah ungkapan realitis untuk saat ini. Tetapi kemudahan dalam mempublish sebuah web ternyata sebanding dengan mudahnya web-web tersebut mati. Semangat membaja ketika membuat web yang tidak diikuti dengan visi yang kuat dan konsistensi dalam memeliharanya hanya akan berujung kepada bertambahnya jumlah kematian-kematian web yang ada.
Data yang dirilis oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang dimuat di icannwiki.org menyebutkan ada 113.598.516 web dengan alamat .COM, NET, ORG,INFO, BIZ dan US saat ini. Tetapi di saat itu pula ada 374.626.983 web yang dihapus dari dunia maya karena telah mati atau sebab lain. Dan tragisnya ada 446.308 web yang tidak hidup dan enggan mati (On-Hold).
Salah satu sebab kenapa web itu mati adalah ketidak mampuan para webmaster untuk menampilkan web-web yang sedang mereka kelola masuk dalam ranking bagus pencarian web. Ini hampir seperti lomba, bayangkan jika sobat membuat sebuah web diantara ratusan juta web. Jika sobat tidak memperhatikan tips agar alamat sobat muncul di google/yahoo atau tidak dapat dengan mudah ditemukan oleh orang lain. Maka "tenggelamnya" web tinggal menunggu waktu saja. Apalagi visi dan tujuan web terlalu umum seperti shopping online, blog, majalah dsb maka ketika semangat telah turun, statistik pengunjung tidak jelas, bahan update habis, kreativitas hilang dan kesibukan lain sedang menyita so monumen web sudah siap menunggu.

SEO (Search Engine Optimation)
SEO adalah cara optimasi website agar bisa ditampilkan di halaman utama pada sebuah situs pncarian. Intinya adalah apabila seseorang mengetikkan kata pencarian pada kotak search engine seperti di Google, Yahoo, maupun MSN maka alamat web kita bisa muncul di halaman pertama pencarian sesuai dengan kriteria kata kunci yang dicari user tersebut.
Jika tujuan SEO terpenuhi, tentunya visi misi dari web tersebut akan mudah tercapai. Otomatis statistik pengunjung meningkat, interaksi dan transaksi bertambah dan kepopuleran web lebih cepat. Ini semua akan memberikan suntikan motivasi untuk lebih semangat dan kreatif dalam mengelola sebuah web untuk memuaskan semua user yang mengaksesnya.

Tips dan trik SEO meliputi beberapa hal yakni :
1. Content adalah utama
Hal ini sudah menjadi keharusan! karena kalau web kita tidak sering di update otomatis membuat orang malas mengunjungi kembali web kita. Apalagi jika kita ingin web kita berumur panjang dengan pengunjung yang selalu banyak, maka updatelah isinya. Isilah tag-tag kata kunci dengan kata-kata sesuai dengan keyword sehingga mudah ditemukan.
Apa hubungannya update dengan peringkat kita di google atau search engine yang lain ? Hubungannya adalah, ketika web kita sering di update maka akan mengundang orang mengunjungi web kita, jika web kita banyak pengunjung maka juga akan meningkatkan posisi web kita di search engine.

2. Back Link dan kualitas
Back link ini merupakan link website milik kita yang ditampilkan pada website orang
lain. Kualitas back link ini bisa mempengaruhi page rank (rangking) website. Semakin tinggi page rank maka search engine menilai website kita memuat content (isi) website yang ‘berkualitas’ untuk ditampilkan pada hasil pencarian. Kualitas back link ini berasal dari website yang menaruh link ke website kita. Cara lain adalah rajin memberikan komentar di web/blog lain dengan mencantumkan alamat web kita disana. Selain itu juga dengan mendaftarkan tulisan ke social bookmarking seperti : www.digg.com,www.del.icio.us, www.blogcatalog.com, www.dignow.org, www.simpy.com

3. Alamat Domain yang sejalan
Dalam pemilihan nama alamat domain pertama kali, usahakan agar mengandung
unsur keyword (kata kunci pencarian) dari visi misi web kita. Alamat
www.tokobukumu.com lebih cocok dari pada www.murahmeriah.com untuk sebuah
web shopping online toko buku karena kata toko dan buku bisa lebih mudah dan cocok ditemukan oleh calon pengunjung.

4. Membuat Tag Title dan Meta tags
Ada banyak Meta/Header Tags yang ditulis diantara tag …<./Xhead>
diantaranya adalah :
1) Tag title. Tag title akan ditampilkan di pojok kiri atas suatu browser. isi title ini dengan kalimat yang ada kata-kata keywordnya. Pembuatnya title ini sangat diperhatikan oleh search engine. Jangan membuat tag suatu halaman web anda sama dengan halaman web anda di halaman lain. Search engine terutama google dapat mengenali duplicate tag.
Contoh :
Selamat Tinggal ke-Syirikan | Tahun baru 1431H

2). Tag description. Berisi deskripsi web anda, usahakan ada keyword yang diinginkan.Jangan terlalu pendek contentnya Contoh :

3). Tag keywords. Berisi keyword yang anda inginkan. Contoh :

4). Tag robots. Tag ini untuk memberitahukan ke crawl agar melakukan pengindexan atau tidak. Karena ada beberapa web yang sengaja tidak ingin diketahui. Tentu dalam hal ini kita mengijinkan untuk mengindex-nya. Contoh :



Program robot dipunyai semua search engine untuk melakukan penjelajahan 24 jam.
5). Tag alternate. Format lain cara publikasi seperti RSS. Contoh :

6). Tag author dan Copyright. Contoh :



5. Sitemaps sebagai peta dan daftar isi otomatis
Adalah halaman yang menampilkan peta link pada website, sitemaps memudahkan spider dari search engine untuk menelusuri isi website dan mengupdate setiap perubahan yang terjadi di website pada database search engine. Untuk membuat sitemaps kita bisa menggunakan http://www.xml-sitemaps.com/ atau yang lainnya

6. Natural Listing
Natural Listing adalah kita mendaftarkan website pada search engine untuk diindex dalam database search engine tersebut agar bisa ditampilkan pada hasil pencarian melalui search engine tersebut. Dalam melakukan natural listing, ada beberapa search engine utama yang perlu didaftarkan antara lain:
1. Google http://www.google.com/addurl
2. Yahoo http://search.yahoo.com/info/submit.html
3. MSN http://beta.search.msn.com/docs/submit.aspx
4. Dmoz http://www.dmoz.org/add.html

Atau menggunakan jasa pendaftaran website / "URL Submission" seperti:
1 http://www.submitexpress.com/submit.html\
2 http://www.addme.com
3 http://www.addpro.com
4 http://www.freewebsubmission .com

Semoga dengan memahami SEO maka web yang sedang kita kelola lebih cepat populer
dan tujuan yang kita sasar lebih cepat tercapai.

Sumber: Ilmu Komputer.org

1 komentar:

Hon Book Store mengatakan...

Terimakasih buat postingannya :D

Salam kenal!!

Silahkan kunjungi dan pilih2 buku berkualitas di : www.honbookstore.com
Dapatkan diskon gede2an hingga 15%. :D

Jangan lupa silahkan tinggalkan jejak alias komen di : Hon Book Store :)