Senin, 07 November 2011

Mengganti Template

Template adalah desain-desain halaman web ataupun blog beserta seluruh komponennya (misal gambar, stylesheet, dsb) baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web.Memilih template yang sesui sangatlah perlu, karena dengan tampilan template yang baik akan menarik pengunjung untuk melihat dan betah untuk berlama-lama berada di blog kita selain tentunya isi dari blog kita juga sangat menunjang.
Mengganti template blog ada dua macam: 
A. Template Bawaan dari blogger, template ini sudah disediakan oleh blogger jadi cukup mudah untuk mengganti template blog yaitu  dengan langkah-langkah sbb:
1. Masuk ke dasboard dengan login ke blogger.com
 
2. Pilih Design/Rancangan
 
3. Pilih Template Design
 
4.Pilih template yang sesuai, untuk menu backgroundnya pilih menu background, Klik tanda panah ke bawah pada background image.

5. Lalu akan ditampilkan bermacam-macam gambar background yang sudah dikelompokan berdasarkan temanya. Kalian bisa pilih salah satu. Setelah itu klik tombol "Done"

6.Lalu klik tombol "APPLY TO BLOG"

7. Selesai. 

B. Template dari luar blogger.com, mengganti dengan template dari situs penyedia template.
Selain dari blogger.com, anda juga bisa mencari template dari situs lain. Keuntungannya, jenis template yang disediakan lebih bervariasi dari pada yang ada di blogger.com. Ada banyak situs yang menyediakan template blog, anda bisa cari di google. Namun, selama ini saya hanya mengandalkan dari www.btemplates.com karena template dari situs itu lebih praktis dipasangnya dan dijamin bisa dipakai. Karena kalau template dari situs lain memasangnya ribet dan kadang suka ada yang eror jadi gak bisa di pakai. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Masuk ke dasboard dengan login ke blogger.com
2. Pilih Design/Rancangan
3. Pilih Edit HTML
4. Pilih Browse untuk mencari template yang telah kita download,akan tetapi template tersebut biasanya berupa Zip/rar harus kita extrack dulu file yang kita pilih file XML.
5. Pilih Open 
6. Pilih Upload.
Lalu ada peringatan, apakah widget-widget yang ada pada template sebelumnya ingin di pertahankan atau dihapus. Kalau kalian tetap menginginkannya klik "pertahankan widget(keep widgets)" jika tidak, klik tombol "hapus (delete widgets)". Tapi menurut saya sebaiknya tetap di pertahankan saja. Biasanya tata letak widget blog akan berantakan. Jadi kalian gak usah bingung kalo tampilan blog kalian jadi acak-acakan. Kalian memang harus mengatur ulang tata letak widget-widgetnya biar rapi.

7. Pilih Save Template.
8. Selesai- view blog.

Sumber: Tutorial Blogger




2 komentar:

- MBike News - mengatakan...

sudah di praktekkan dan berhasil :D

Hon BookStore mengatakan...

Uplod postingan kadang error/gagal.., apa ada solusi?

Salam kenal!!

Silahkan kunjungi dan pilih2 buku berkualitas di : www.honbookstore.com
Dapatkan diskon gede2an hingga 15%. :D

Jangan lupa silahkan tinggalkan jejak alias komen di : Hon Book Store :)