Minggu, 23 Mei 2010

BlackBerry OS

BlackBerry OS adalah milik sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Research In Motion (RIM) untuk perusahaan BlackBerry garis smartphone perangkat genggam. Sistem operasi menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan di handheld nya, khususnya trackwheel , trackball , dan yang terakhir, trackpad dan layar sentuh .

Platform BlackBerry mungkin paling dikenal karena dukungan asli untuk email perusahaan, melalui MIDP 1.0 dan, baru-baru ini, bagian dari MIDP 2.0, yang memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan Microsoft Exchange , Lotus Domino , atau Novell GroupWise email, kalender, tugas, catatan, dan kontak, bila digunakan dengan BlackBerry Enterprise Server . Sistem operasi juga mendukung WAP 1.2.

Pembaruan sistem operasi dapat secara otomatis tersedia dari operator selular yang mendukung BlackBerry melalui udara perangkat lunak jasa bongkar muat (OTASL).

Pihak ketiga pengembang dapat menulis perangkat lunak menggunakan BlackBerry yang tersedia API kelas, meskipun aplikasi yang menggunakan fungsionalitas tertentu harus ditandatangani secara digital .

Sementara RIM mengembangkan dan merilis versi update sistem operasi untuk mendukung masing-masing perangkat, terserah kepada operator individu untuk memutuskan apakah dan kapan versi dilepaskan untuk para penggunanya. April 2010 RIM BlackBerry baru mengumumkan OS versi 6.0, yang dirilis pada kuartal 3 2010. RIM BlackBerry mengumumkan OS 7 pada tanggal 2 Mei 2011. Ini akan dirilis pada musim panas 2011. RIM mengumumkan bahwa perangkat saat ini tidak akan diperbarui untuk BlackBerry OS 7 (No Device Legacy Support). RIM juga mengumumkan BlackBerry Bold Touch (Blackberry Bold 9930 & 9900) yang berjalan Blackberry OS 7.

VERSI BB OS
Versi 1.0
Versi 2.0
Versi 3.0
Versi 4.0
Versi 4.5.0
Versi 4.6.0
Versi 4.6.1
Versi 5.0.0
Versi 6.0.0
Versi 7.0.0

Untuk masing-masing versi dibedakan untuk jenis Model Blackbary dan Input Os (Trakball/Touchscreen).

Sumber :
Wikipedia.org
Blackbarry Indonesia

Tidak ada komentar: