Kamis, 09 September 2010

Memilah Informasi

Setelah data-data untuk informasi tersebut didapat- kan, langkah selanjutnya adalah memilah data terse-but, yaitu mengambil data-data yang dianggap aktual, terpercaya, akurat dan uptodate. Sehingga data-data yang tidak diperlukan dapat disisihkan dari data yang akan diambil

Dalam Memilah Data berupa Software ada beberapa istilah:
1. Freeware
2. Shareware
3. Open Source
Freeware adalah paket-paket software yang me-ngizinkan redistribusi tetapi tidak bisa dimodifikasian dan kode programnya tidak tersedia.
Shareware ialah perangkat lunak yang mengizinkan orang orang untuk meredistribusikan salinannya, tetapi mereka yang terus menggunakannya diminta untuk membayar biaya lisensi.
Open source apabila diterjemahkan secara langsung, open source berarti “(kode) sumber yang terbuka”. Sumber yang dimaksud disini adalah source code (kode sumber) dari sebuah soft-ware (perangkat lunak), baik itu berupa kode-kode bahasa pemrograman maupun dokumentasi dari software tersebut.
GNU GPL dan GNU LGPL adalah lisensi yang dibuat oleh The Free Software Foundation. Lisensi ini pula yang digunakan oleh software Linux pada umumnya. Kata “free” dalam lisensi ini merujuk pada hal "kebebasan", bukan pada hal “uang”. Dengan kata lain, “free” dalam hal ini berarti “bebas” bukan “gratis”, seperti yang tertulis dalam pembukaan lisensi tersebut diatas.

Dalam memilah data dapat pilah menurut: waktu kejadian, alfabet sesuai kebutuhan agar mudah dalam penyimpanan dan pencariannya lagi.

Sumber: Ilmu komputer.com

Tidak ada komentar: