Kamis, 09 September 2010

Menyajikan Informasi

Mengacu pendapat Bill Gates bahwa informasi yang memiliki kekuatan yang dahsyat adalah informasi yang di share, maka diperlukan kegiatan penyajian informasi.
Agar informasi mudah diterima dan dipahami secara luas maka informasi dapat dikemas dalam bentuk format tertentu dan diletakan pada tempat yang mudah dicari. Contoh format penyajian informasi adalah : pdf, file presentasi, audio. Video, ebook dll, yang ditempatkan di internet dalam bentuk web,blog, atau file yang dapat didownload dengan mudah.

Pengertian Blog.
Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.

Blog yang biasa digunakan:
1. Blogger alamatnya www.blogger.com
2. wordpress alamatnya www.wordpress.com
3. multiplay alamatnya www.multiplay.com
4. Blogspome alamatnya www.blogsome.com
5. webnode alamatnya www.wenode.com

Tutorial Pembuatan Blog.

Sumber: KKPI.or.id

Tidak ada komentar: