Sabtu, 02 Oktober 2010

Mengolah Informasi Email

E-Mail (Electronic-Mail) merupakan suatu cara pengiriman pesan atau gambar atau file melalui internet.  
E-mail Client adalah merupakan suatu email yang diambil dari email server untuk dibaca secara off line dengan menggunakan suatu software browser email tertentu. Ada beberapa aplikasi email client yang dapat kita gunakan seperti: Ms Outlook, Eudora, Netscape Mesangger, Evolution, Mozila Thunderbird dan aplikasi klien email lainnya yang bisa digunakan. Dalam hal software akan digunakan software adalah Ms Outlook. Ms Outlook adalah sebuah aplikasi pengelolaan email klien dan workgroup yang dikeluarkan oleh Microsoft, salah satu perusahaan software terbesar pimpinan Bill Gates. Aplikasi Outlook ini membantu kita dalam pe- ngelolaan email yang tentunya lebih praktis dan cepat dibandingkan dengan menggunakan aplikasi lainnya. Biasanya MS Outlook menjadi paket dalam MS Office, sehingga untuk menginstallnya dapat dilakukan bersama-sama dengan MS Office.


Dalam menggunakan software Email-klient ada 2 Tahap yang harus disetting: 
1. Setting Email terlebih dahulu
2. Setting Microsoft Outlook

1. Setting Email dalam hal ini kita gunakan Gmail dulu nanti kalau dah bisa baru kita coba email yang lain seperti yahoo, pertama kita masuk email dengan login dan password yang kita punyai, berikutnya masuk setting - pilih tab forwarding and POP MAP - Enable for all mail - Save Changes

2. Setting Microsoft Outlook, Buka software Microsoft Outlook dalam hal ini menggunakan software Ms-Office 2007, setelah itu langkah settingnya dengan memasukan Nama, Nama Email, Password Email terus pilih Next - pilih Finish. Setelah itu tinggal mengoperasikan Microsoft Outlook seperti: Mengambil email, membaca email, mengirim email, menghapus email, menyimpan email, mengcopy email dll yang semua itu dilakukan secara offline sehingga akan lebih cepat daripada dilakukan secara online. Berikut gambar dalam langkah-langkah setting Microsoft Outlook:



Setelah mencoba dengan gmail sukses mari kita lanjutkan setting dengan Email yahoo, untuk email yahoo agak sedikit berbeda tapi pada intinya sama
Pertama: setting email terlebih dahulu
Kedua   : setting Ms-Outlook, berikut tampilan slide layar langkah-langkah sebagai berikut:

Gambar Setting Email Yahoo:




Ada juga setting Email yahoo yang berbeda tergantung dari menu yahoo apakah pakai setting: Yahoo US, Yahoo Indonesia, Yahoo Asia agak sedikit berbeda namun intinya sama, jadi nda usah bingung...berikut settingan:

Gambar Setting Microsoft Outlook:






Mengoperasikan Software Microsoft Outlook 2007
Dalam Mengoperasikan Software Microsoft Outlook pada dasarnya hampir sama dengan mengopersikan sebuah email, diantaranya sebagai berikut:
•1. Mengambil E-mail (F9)
•2. Mengirim E-mail
•3. Membalas E-mail
•4. Mengexport E-mail Ke Microsoft Excels
•5. Mengimpor E-mail dari Microsoft Excels

Sumber: KKPI-VEDC Malang, Help Microsoft Outlook.

Tidak ada komentar: