Selasa, 24 Desember 2013

Tips Memilih Modem USB

Mungkin anda ingin membeli modem? Maka bacalah materi ini untuk bahan pertimbangan. Di jaman sekarang ini internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang tidak dapat dipisahkan lagi. Oleh karena itu, modem USB menjadi barang yang paling banyak diburu karena sangat praktis untuk mengkoneksikan perangkat komputer kita ke Internet. Namun saking banyaknya perangkat modem USB yang ada di pasaran, terkadang kita kebingungan untuk memilih salah satu di antaranya. Maka dari itu pada artikel kali ini Paseban akan mengulas beberapa tips memilih modem USB agar sesuai dengan kebutuhan Anda. simak ulasannya sebagai berikut ini.

Pilihlah Modem Yang Sesuai Tempat Tinggal 
Tidak semua modem dapat terjangkau oleh sinyal jaringan operator, bahkan di pelosok desa masih sedikit jaringan yang bisa ditembus untuk mendapatkan sinyal modem tersebut. Maka dari itu tips memilih modem yang pertama adalah memilih modem yang dapat menangkap sinyal jaringan yang ada di tempat Anda. Jaringan pada modem saat ini ada dua tipe yakni GSM dan CDMA. Modem GSM biasanya menggunakan teknologi GPRS dan HDSPA sedangkan pada CDMA menggunakan teknologi EVDO Rev A dan REV B, jika di daerah Anda sinyal GSM lebih bagus, maka pilihlah modem GSM. Namun jika di daerah tempat Anda tinggal jaringan CDMA lebih bagus, maka pilihlah modem CDMA. Namun jika Anda tinggal di kota besar, maka pilihlah modem yang memiliki minimal fitur HSDPA untuk tipe modem GSM atau lebih baik lagi bisa menjangkau hingga jaringan HSPA+ atau 4G. sementara jika Anda ingin membeli modem CDMA, maka pilihlah Modem dengan fitur minimal EVDO REV A karena berpengaruh terhadap kecepatan, bahkan mungkin sekarang modem tipe EVDO REV B juga sudah bisa dipakai di kota-kota besar. 

Kecepatan Modem 
Selain bergantung kepada jaringan yang digunakannya, setiap modem juga mempunyai kecepatan yang berbeda-beda meskipun ada pada jaringan yang sama. Sebagai contoh, ada modem yang mampu mencapai kecepatan 3.6 Mbps, 7.2 Mbps, atau bahkan saat ini sudah ada yang mencapai kecepatan 28,8 Mbps. Namun jangan tergiur dengan angka-angka tersebut karena jaringan yang disediakan oleh operator di Indonesia jarang yang menembus angka tersebut, apalagi paket internet yang ditawarkannya juga biasanya tidak lebih dari 3,6 Mbps. Maka dari itu Anda lebih disarankan untuk membeli modem dengan kecepatan 3,6 Mbps agar tidak teralu menguras kantong. Selain itu pilihlah modem yang sudah memiliki fitur Plug and Play karena memudahkan Anda untuk memasangnya tanpa perlu melakukan berbagai macam seting terlebih dahulu. 

Sistem Operasi Yang Didukung Modem 
Modem yang digunakan biasanya harus sudah support dengan sistem operasi yang ada di laptop atau komputer kita. Pasalnya, terkadang ada beberapa modem yang hanya mendukung sistem operasi tipe lama seperti Windows XP ataupun Windows Vista saja. Tapi sekarang ini mungkin beberapa jenis modem sudah support untuk windows 8. Untuk itu perhatikan modem tersebut apakah mendukung sistem operasi pada laptop Anda atau tidak. 

Merek Modem 
Hal selanjutnya yang tidak boleh luput dari perhatian adalah merek modem. Beberapa merek modem dikenal memiliki penangkapan sinyal yang kuat, tahan terhadap panas, dan tidak mudah rusak. Beberapa merek modem yang sudah terkenal handal dan awet di antaranya adalah merek ZTE, Huawei, Sierra, dan Prolink. Garansi Modem Pilihlah modem yang memiliki garansi minimal garansi toko agar jika terjadi masalah dapat diklaim. Pilih juga modem dengan garansi panjang agar kita dapat melakukan complain jika sewaktu-watu terdapat masalah pada modem tersebut. Garansi yang panjang juga mengindikasikan bahwa perusahaan modem tersebut sudah melakukan uji terhadap produk dan rata rata mampu beratahan lebih dari yang digaransikan. 

Tahan panas 
Pilihlah modem yang tahan terhadap panas, karena biasanya Anda akan menggunakan modem untuk melakukan kegiatan browsing hingga 12 bahkan 24 jam, jadi pastikan modem Anda tahan terhadap panas. Lock atau Unlock Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah memilih antara modem lock ataupun unlock. Beberapa modem biasanya dikunci untuk operator tertentu saja dan modem tersebut biasanya menjadi paket bundling dengan harga jual yang lebih murah. Namun jika Anda merupakan orang yang suka bergonta ganti operator, maka lebih baik Anda memilih modem unlock untuk knyamanan.  

Sumber: Kompas.Com Tips Memilih Modem USB

Tidak ada komentar: