Selasa, 18 Agustus 2015

Jenis - Jenis Kamera

JENIS-JENIS KAMERA
Dalam pengambilan gambar bagus dan tidaknya tentu kita tidak lepas dari jenis kamera yang digunakan, berikut Jenis Jenis Kamera yg ada Di pasaran skrg.


    1. Compact Digital
    2. Prosumer
    3. Bridge Camera / DZLR
    4. Consumer DSLR
    5. Mirrorless/Hybrid
    6. Semi Pro DSLR
    7. Boutique Camera
    8. Medium Format DSLR / Professional DSLR
Dari ke 7 jenis kamera tersebut diatas biasanya memiliki Megapixel yang sama diantara 12MP ~ 16MP rata rata kecuali jenis yang ke-8 bisa mencapai 60 Megapixel. Nah Perbedaanya itu ada di Imaging Sensor atau Sensor Kamera. Sensor Kamera itu yang sebenarnya salah satu Perangkat terpenting dari kamera. 
Sensor Kamera Umumnya di bagi menjadi 2 jenis yaitu: CCD dan CMOS dan untuk ukuran dibagi berbagai Jenis, Sensor Compact Digital tidak sama dengan Sensor DSLR walaupun menghasilkan Megapixel yang sama. Sedangkan ukuran Sensor Compact Digital itu Ukuranya hanya jari kelingking (6mm) anda sedangkan Sensor Kamera DSLR itu ukuranya 22 mm. Berikut Perbandingan ukuran sensor kamera digital dan kamera DSLR:
Sensor sizes overlaid inside:
1/2.3″  :ini umumnya Sensor Kamera Digital Pocket
1/1.7″  :ini umumnya Sensor Kamera Bridge dan Prosumer
2/3″     :ini umumnya Sensor Premium Bridge dan Prosumer High End
            :Seperti Fujifilm XS1 dan X10
4/3       :ini umumnya di pake di DSLR Olympus dan Kamera Mirrorless

APS C ini umum sekali di kamera DSLR Consumer Grade (1100D , D3100 & 550D)
APS H ini umumnya di gunakan di Semi PRO Dslr seperti EOS1D MKIV dan EOS1D MKIII
Medium Format ini umumnya dgunakan di Pro DSLR seperti Hasselblad , Leica S , Phase One IQ80

Semakin Besar Sensor maka Semakin Bagus kualitas Gambar bukan dari semakin besarnya MegaPixel nya…Nah Sekarang mari kita bahas 8 jenis kamera tersebut diatas. 

1. Compact Digital Camera
Kamera Digital biasanya di bikin Mudah di gunakan dan harga relatif murah… di bawah 1.5 juta. bahkan ada yang harganya 500 rebuan.. , dengan Kualitas image yang “se adanya”  yang masih sebanding untuk di cetak 4R 5R masih bisa tidak pecah. Penggunaanya yang Point And Shoot kamera ini cocok bagi temen yang masih pemula atau Ingin punya Kamera yg lebih bagus dari kamera Hape kalian biasanya Fitur Kamera Digital ini lengkap seperti: Fiter alay alay, scene banyak dan bahkan ada yg pake MP3 Player, tetapi disamping itu 1/2’3 ~ 1/2,5 sensor yg digunakanya dan tipe CCD walaupun Megapixel yang besar jangan harap hasil yang Crystal Clear tetapi ingat, seorang Fotografer tidak mempedulikan apa kameranya yang penting Imajinasinya dan Kemampuanya. Kamera Digital jenis ini Rata Rata Auto.. jangan harap ada settingan Manual di sana.. walaupun beberapa jenis kamera ada yg menyediakan Fitur Tersebut.

2.Kamera Prosumer
Canon powershot g10 prosumer camera Jenis Jenis Kamera Dan Panduan membelinya, Kamera Prosmer Biasanya memberikan Kualitas gambar yang lebih baik Bahkan Mendekati Consumer Level DSLR dengan tehnologi Canggih seperti Canon Digic 5 , Fujifilm EXR Technology , Sony EXMOR dan sejenisnya Sensor yg Besar bertipe CMOS , Settingan Full Manual M dan Semi Manual P S A dengan Betuk yg Compact membuatnya Kamera ini cocok buat Enthusiast dan Fotografer. tetapi kurang cocok buat pemula karena Setinggan Manual nya terkadang hanya di mengerti orang yg bener bener ngerti fotografi. tetapi Harganya 2 bahkan 3 kali dari Kamera Dgital biasa..

3.Bridge Camera / DZLR
Camera Jenis ini adalah Kamera “kedua” sang fotografer. Bentuknya Seperti DSLR dengan Lensa Super Zoom. Biasanya dari range 24mm – 720mm, 22mm – 660mm . Lensa Tele dengan kecepatan Continous Drive yg cepat.. 11 fps - 8fps, Full HD Movie bisa di pasang Filter dan Converter di depan lensanya untuk keleluasan pengguna Sayangnya tidak bisa diganti LENSA dan juga Sensor yg Sama dengan Prosumer. jadi sensornya tidak sebesar DSLR tetapi Kualitasnya tak Semaksimal DSLR. tetapi hal tersebut di bayar dengan Lensa Zoom yg Panjang dan Jarak Fokus minimum yg pendek yaitu 1cm (HS20EXR )
Harganya juga kompetitif.. kisaran 1.5 hingga 4 jutaan . walaupun ada yg 7 jutaan ( XS1) bagi anda yg ingin traveling.. males bawa DSLR + Lensa ini itu.. Brigde adalah Jawabanya. Karena Bridge juga bisa Manual dan Lain lain seperti DSLR. bahkan dari segi tehnologi Bridge terkadang Lebih canggih dari DSLR seperti menggunakan BSI CMOS Sensor EXR Processor ( Fujifilm ) , Noise Reduction Control, High Speed Recording..

4.Consumer Level DSLR
DSLR , Bisa Ganti Lensa , Dan Warna Warni… heheh.. harga relatif kompetitif.. 4 Juta Sampe 6 Jutaan.. Dengan Lensa Kit 18-55 , Kualitas gambar yg Bagus. menjadi pilihan anak Muda yg mau Masuk DKV sih rata rata Atau anak anak Alay yg doyan Foto Manyun tp ga mau kalah ma temen temenya yg pake DSLR icon biggrin Jenis Jenis Kamera Dan Panduan membelinya

5.Mirrorless / Hybrid
Hybrid atau Mirorrless ini adalah kamera Mirip DSLR tanpa Mirror.. dengan bentuk yg Kompak Biasanya memiliki Kemampuan yg sama dengan DSLR dengan snsor 4/3 dan APSC memberikan Kualitas Gambar yg sama. dan bisa ganti ganti Lensa memberikan nilai + sendiri Betuk Kompak + Kualitas Bagus. siapa sih yg gamau ? walaupun dengan harga di atas Consumer DSLR.. bermain di angka 7 Juta.

6. Semi pro DSLR
FULLFRAME atau APSH kualitas ga perlu di ragukan lagi deh…dengan harga 20 ~ 50 jutaan body nya. biasanya sih di gunakan di Studio Foto yg make juga Pro Pro aja…

7. Boutique
Jenis Jenis Kamera Dan Panduan membelinyafinepix x100 Jenis Jenis Kamera Dan Panduan membelinya Kamera Butik , Stylish yet Powerfull. dengan rata rata menggunakan Sensor Fullframe (Leica M9) atau APS C ( X100 ) dengan kualitas gambar yang tak perlu di ragukan lagi. Menurut banyak Fotografer dari Hongkong. Kualitas Kamera Butik lebih bagus daripada Fullframe DSLR seperti D3S dan Butik APSC seperti X100 mengalahkan EOS7D dari segi Image Quality menurut DXO Mark. dengan bentuk yg Compact…
Tetapi harganya  sangat mahal sekitar Rp. 69 Jutaan untuk merk Leica M9 dan APS type X100 harganya sekitar 13 Juta dan Harga Lensa Kamera Butik Juga mahal, kelebihan kamera butik FULL MANUAL CONTROL semuanya muter knob…

8. Medium Format/Professional DSLR
Kameranya PROFESSIONAL .. dengan Sensor MEDIUM FORMAT dan Gambar 40  ~ 80 MEGAPIXEL…

Sumber: Wikipedia.com

Tidak ada komentar: