Minggu, 22 Januari 2012

Nasib OS Symbian

Nokia pernah (dan masih) begitu identik dengan sistem operasi Symbian. Namun ada indikasi Symbian akan "dibunuh" lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. 

Indikasi itu muncul dalam wawancara Stephen Elop, CEO Nokia, dengan TechRadar. Elop mengaku telah menerima kenyataan bahwa Symbian telah mengalami penurunan pangsa pasar terbesar sepanjang sejarahnya, terutama di pasar Amerika Serikat dan Inggris.
Pihak Nokia pun juga sudah sadar bahwa Symbian saat ini mengalami masa sulit akibat tantangan dari OS yang lain seperti Android, iOS dan lainnya. 

"Kami memilih platform alternatif karena terjadi penurunan signifikan di pasar Symbian," jelasnya.

Saat ini Nokia berencana untuk sepenuhnya beralih dari Symbian ke Windows Phone untuk smartphone-nya. IDC pun telah memprediksi Symbian akan hilang pada 2015. 

Memang  Elop tidak secara tegas menyatakan bahwa Symbian sudah mau dimatikan. Hanya saja ia terkesan lebih legowo melepas sistem operasi tersebut. 

Di masa transisi ini, smartphone Nokia "terpecah" antara Symbian dan MeeGo. Agaknya, tak lama lagi Windows Phone bakal jadi satu-satunya platform pilihan. 

Di sisi lain, Nokia masih memiliki platform ponsel kelas menengah dan bawah seperti S40 dan S30. Platform S40 sering disebut sebagai platform yang paling banyak digunakan di dunia.


Sumber: http://www.Kompas.com

Artikel Terkait:
Software iPhone OS (IOS)

3 komentar:

Pratama Candra mengatakan...

bayangkan jika nokia tidak menggunakan sistem operasi symbian, akan terasa "wagu" . . .

mauli tsugai mengatakan...

ya...bener banget..mungkin saat ini symbian sedang di uji..coba aja masih ada kesempatan buat symbian,,mungkn bisa lebh baik...

Irawan Nur Cahyo mengatakan...

keep suport symbian