Senin, 16 Januari 2012

Pembuatan Web dengan CMS

Dalam Pembuatan Web Saat ini terasa lebih mudah dari sebelumnya karena adanya CMS (Content Management System). CMS adalah sebuah aplikasi software yang digunakan untuk membuat website secara instant sehingga untuk meng-upload, mengedit, dan mengelola konten yang akan ditampilkan pada sebuah web menjadi lebih mudah.
Sebuah CMS dapat melakukan berbagai tugas yang berbeda untuk sebuah web diantaranya mengatur kapan konten akan ditampilkan, berapa kali konten ditampilkan untuk pengguna tertentu, dan mengatur bagaimana konten menghubungkan atau berinteraksi dengan elemen lain dari website tersebut. Software ini juga memudahkan orang awam untuk mengelola konten pada sebuah website dengan mudah tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.


Keuntungan menggunakan CMS adalah menjaga website terorganisasi dengan baik dan komprehensif, mengurangi biaya pemeliharaan website tersebut, dan meningkatkan keamanan data.
Ada beberapa CMS yang populer yang bisa anda download dan gunakan secara gratis. Anda bisa memilih salah satu untuk membuat website sesuai dengan kebutuhan :

1. Joomla!
Joomla! adalah salah satu aplikasi CMS terbaik dan paling banyak digunakan saat ini. Sangat cocok untuk membuat website perusahaan atau intranet, majalah online, web portal berbasis komunitas dan forum, dan banyak lagi. Joomla! memiliki banyak fitur serta banyak pilihan modul dan komponen tambahan yang akan meningkatkan kualitas website Anda dan akan meningkatkan kepuasan pengunjung website.

2. WordPress
WordPress adalah aplikasi CMS untuk blog yang paling populer. Karena popularitasnya dan memiliki komunitas yang sangat besar, pengembangan CMS ini sangat pesat. Dan saat ini Anda dapat menggunakan WordPress untuk mengelola konten website yang kompleks.

3. Drupal
Dengan Drupal Anda dapat dengan mudah membangun berbagai jenis halaman website – dari membuat blog sederhana sampai forum online dengan komunitas yang besar. Desain Drupal memang tidak sebagus Joomla!, tapi sangat mudah untuk di-customize. Drupal memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti untuk search tool dan search-engine friendly URL, dan agregator berita.

4. Typo3
TYPO3 cocok untuk website perusahaan dan intranet. Ada instalasi dasar TYPO3 yang fleksibel yang dapat dikembangkan melalui modul dan interface tambahan siap pakai. Desain TYPO3 adalah berbasis template dan Anda dapat membuat template sendiri menggunakan bahasa konfigurasi TypoScript.

5. e107
Dengan e107 Anda dapat membuat website bisnis dengan mudah dan cepat atau situs komunitas. Ada sistem forum yang kuat sebagai aplikasi dasar dan file-based caching dengan kinerja tinggi. CMS e107 dirilis di bawah GNU General Public License.

6. Radiant CMS

Kalau di indonesia, Radiant mungkin sangat sedikit penggunanya. Tapi kalau di luar pendukungnya sangatlah banyak. Sistem interfacenya juga sangat mudah di pahami. Radiant CMS di bangun dengan bahasa ruby. Radiant CMS juga sudah menggunakan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang memudahkan kita menuliskahan artikel dengan tambahan tool-tool editor.

7. SilverStripe CMS

SilverStripe adalah CMS yang memiliki fitur yang sangat lengkap dan mampu melakukan apa saja yang anda inginkan. silverStripe di bangun dengan PHP dengan kerangka Sapphire sehingga bisa di sesuaikan sesuai kebutuhan. SilverStripe juga memiliki banyak dukungan gratis dan dokumentasi yang lengkap bagi para pengembang. SilverStripe di luncurkan pada November 2006 oleh beberapa orang team yang ahli di bidang OpenSource.

8. Modx CMS

Modx CMS adalah CMS yang bisa di bilang sangat bagus dan kuat. Selain tampilan backendnya mudah di pahami juga fungsi Quickedit front end editingnya yang sangat membantu. Pada Modx juga juga sangat simple dan bersahabat dengan SEO. Memiliki templete variable (TVs) yang memudahkan kita dalam mengkustom tampilan. Modx pertama kali di luncurkan pada tahun 2004.

9. TextPattern CMS

TextPattern adalah salah satu CMS yang menggunakan UI tab pada backend adminnya sehingga terlihat simple dan minimalis. Menurut banyak pengguna, ini adalah CMS yang paling cepat loadingnya. Sayangnya Textpattern tidak memiliki editor WYSIWYG yang lengkap, tapi cukup mudah sekali dalam mengedit konten termasuk bagi para pemula.

Textpattern awalnya hanya sebuah situs pribadi dari dari seorang Dean Allen yang di luncurkan pada tahun 2001. Textpattern memiliki banyak sekali kelebihan yang tak di miliki CMS lainnya. Kini versi terbarunya adalah versi 4.3.0

10. CMS Made Simple

Menurut pembuatnya, ini adalah CMS yang paling simple yang pernah ada. Tak perlu banyak waktu untuk mempelajarinya. Template CMS made simple bisa di buat hanya dengan kode CSS, hampir sama dengan templete yang di gunakan blogspot. Made Simple memakai XHTML dan CSS yang bersih dan cepat loading sehingga banya orang yang menyukainnya. CMS Made Simple lahir dari tangan 14 orang yang mereka sebut “Dev Team” pada juli 2004. Versi terbarunya adalah Versi 1.9

11. Expression Engine

Expression Engine adalah salah satu CMS yang bisa di bilang cukup kuat dalam hal keamanan dan securitynya. EE ini juga memiliki banyak sekali dukungan untuk setiap fungsi yang kita butuhkan, baik yang ada di dalam paket inti maupun melalui modul atau plugin. Sayangnya Expression Engine ini adalah CMS premium alias berbayar. Harganya $99.95 untuk pribadi dan $249.95 untuk lisensi komersial. Ada juga versi Core gratis tapi hanya untuk situs non komersil.

12. Aura CMS

Ada yang tak mengenal Aura CMS? Ini adalah CMS terbaik buatan anak bangsa. Kita harusnya bangga karena Indonesia juga bisa menciptakan CMS yang hampir setara dengan produk luar. Yah meskipun masih banyak kekurangannya tapi semoga banyak para developer dan pengembang yang selalu memperbaikinya.
Aura CMS pertama kali di luncurkan pada pertengahan 2003. Kini Aura CMS telah memiliki versi terbaru yaitu versi 2.30





Tidak ada komentar: