Rabu, 28 November 2012

Laptop Tipis Layar Sentuh

Bersamaan dengan meluncurnya Windows 8, beragam model laptop mulai mengusung fitur baru: layar sentuh. Fungsi yang satu ini memang klop dengan versi terbaru sistem operasi Microsoft yang tampilan antarmukanya dioptimalkan untuk touchscreen itu. Nah, dari sekian banyak model yang mulai membanjiri pasar, rata-rata masih menggunakan prosesor bikinan Intel, produsen CPU desktop terbesar di dunia. Bagaimana dengan AMD yang produknya terkenal murah?
"Segera, tahun ini produk Ultrathin dengan layar sentuh akan masuk Indonesia, tunggu saja tanggal mainnya," ujar Sales Development Manager AMD Indonesia Victor Herlianto ketika menjawab pertanyaan di acara peluncuran prosesor APU generasi kedua AMD di Jakarta, Selasa (27/11/2012).

Ultrathin adalah kategori laptop tipis dari AMD yang mirip Ultrabook dari Intel tetapi dibanderol dengan harga relatif lebih murah.

Victor sendiri tidak merinci produsen mana yang akan mengusung model laptop Ultrathin dengan layar sentuh. "Pastinya, ada sejumlah produsen yang memiliki model laptop tipis AMD, seperti Samsung." lanjut Victor seraya menambahkan bahwa prosesor AMD mendukung penuh Windows 8.

Di lain sisi, Intel, rival besar AMD, telah menyiapkan model-model laptop tipis dengan layar sentuh. Minggu lalu ketika berkunjung ke Indonesia, Global Brand Manager Intel Bryan Deaner mengklaim bahwa saat ini telah ada sekitar 140 model Ultrabook convertible dengan touchscreen dari berbagai produsen yang bakal dipasarkan.

Tetapi AMD pun memiliki andalannya sendiri, yaitu harga yang relatif lebih terjangkau, seperti dikatakan oleh  AMD Far East LTD Asia Pacific & Japan Consumer Sales Director Brian Slattery. "Ultrabook terlalu mahal. Laptop tipis milik kami memang tidak setipis bikinan mereka, dengan ketebalan 20-25 mm, tetapi kami menawarkan kombinasi harga yang terjangkau, performa, serta ketipisan dan bobot yang ringan."
 Dengan kedua pihak berlomba-lomba seperti itu, jelang akhir 2012, agaknya perangkat laptop dengan bentuk tipis dan memiliki layar sentuh bakal makin banyak meramaikan pasaran.

Sumber: Kompas.com

Tidak ada komentar: