Jumat, 20 Desember 2013

SEAMOLEC SMKN2 PURWOKERTO

Dalam Rangka meningkatkan kualitas kopetensi guru SMKN2 Purwokerto bekerja sama dengan SEAMOLEC untuk memberikan pelatihan selama kurang lebih tiga hari yang dimulai dari tanggal: 16 Desember 2013 sampai dengan 18 Desember 2013, yang isinya membahas mengenai Simulasi Digital. Simulasi Digital merupakan materi yang dimaksudkan oleh kurikulum 2013 untuk mengganti materi KKPI yang sudah kurang lebih sepuluh tahun yah..memang harus selalu diupdate dan diperbaharui. Selama tiga hari Team dari SEAMOLEC membahas tiga materi: Kelas Maya, Simulasi Visual dan Digital Library.

Kelas Maya merupkan Kelas dalam dunia Internet tidak nyata (ghoib lah ndean) salah satunya kemarin dicoba dengan menggunakan EDMODO merupakan pengembangan ide dari suatu situs jejaring sosial yang selama ini kita gunakan seperti:Facebook, Twitter dan situs jejaring sosial lainnya. Mungkin yang ingin bergabung dan mencoba bergabung dengan Komunitas SMKN2 Purwokerto dengan Kode: xyaw9r, untuk berkomunikasi seperti halnya Facebook, hanya saja belum ada fasilitas Chatiingnya.Tutorial EDMODO download disini.

Simulasi Visual merupakan sebuah simulasi secara visual hal ini merupakan sebuah strategi/cara bagaimana menjelaskan kepada peserta didik dengan menggunakan gambaran visual yang mungkin mendekati secara nyata dan mungkin sulit untuk dijelaskan seperti: jalannya mesin motor dan mobil (bagaimana perputaran rantai, bagaimana pergerakan piston dan lain-lain), yang mungkin mendekati kearah teknik. Dalam pelatihan kemarin dijelaskan bagaimana membuat sebuah Animasi Visual 3D menggunakaan software Blender. Tutorial Simulasi Visual disini.

Digital Library merupakan sebuah buku digital, seiring dengan kemajuan teknologi informasi sekarang sudah banyak menggunakan smartphone dan tablet sebagai alat komunikasi walaupun kadang orang hanya memiliki untuk gaya-gayaan saja tidak mengetahui isi dan fasilitas yang terkandung dalam teknologi tersebut, paling banter hanya untuk games. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk dunia pendidikan sebenarnya...oleh karena itu kita harus membuat konten-konten dalam hal ini adalah buku digital yang dapat digunakan untuk kepentingan pembelajaran kepada peserta didik kita. Kemarin dijelaskan menggunakan sebuah software nama Sigil walaupun masih banyak software-software yang bisa digunakan, kalau dijelaskan semua waktu nda cukuplah jadi pilih sautu sofware sajalah yaitu Sigil.Download Software Sigil disini.Tutorial Buku Digital disini.

Sumber: Dari Hati Nurani Semoga Bermanfaat
 

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Kapan ke sekolah ? aku diajari buat digital book.

Anonim mengatakan...

Terima Kasih atas sharing ilmunya..sangat bermanfaat.