Selasa, 25 Agustus 2015

Perawatan Kamera

Dalam perawatan kamera sangatlah perlu dilakukan agar umur kamera lebih lama untuk dapat kita gunakan. Kamera memiliki jenis yang berbeda-beda namun dalam perawatan hampir memiliki kesamaan baik kamera yang harganya mahal maupun kamera yang terdapat dalam handphone. Dibandingkan dengan harga handphone termahal sekalipun, kamera (digital) tetap menjadi primadona tersendiri. Tak heran apabila banyak orang tidak ingin kamera kesayangannya rusak atau bahkan hanya lecet. Sebab, sekali lagi kamera digital memang sangat berharga dan memiliki kemampuan yang lebih dibanding dengan kamera handphone.
Parahnya lagi, di Indonesia sendiri kondisinya tidak terlalu bersahabat. Kamera digital sangat sensitif dengan suhu tropis. Kelembaban akan mudah mengenai kamera dan merusaknya. Oleh sebab itu, perawatan ekstra bukan lagi perlu, namun harus dilakukan. Untuk itu, penulis akan mengajak Anda untuk mempelajari bagaimana teknik perawatan kamera digital yang baik dan benar. Simak tips merawat kamera digital agar tetap awet dan tahan lama berikut ini.

Lindungi Kamera Anda
Cara menyimpan kamera dan lensa yang begitu Anda idam-idamkan sangatlah sederhana. Jangan biarkan kamera terkena kotoran seperti debu, pasir dll ataupun air. Pastikan bahwa setiap Anda menenteng kamera digital, tempatkan pada tas khusus.

Anda juga dapat membeli perangkat khusus yang tahan air dan debu. Terpenting Anda menyimpan kamera dan lensa dengan baik dan benar. Pastikan pula tas untuk menyimpannya telah terturup rapat-rapat sehingga tidak akan ada polusi yang masuk.

Bersihkan dengan Rutin
Cara membersihkan kamera digital juga bisa dibilang cukup mudah. Anda siapkan terlebih dahulu kain halus seperti kain ultrafine microfiber, lalu dengan perlahan membasuh bagian lensa kamera yang sekiranya terdapat sedikit debu atau kotoran lain.

Jangan sekali-kali menekan bagian lensa kamera. Pun, Anda juga dilarang untuk meniupnya. Sebab keduanya sama-sama akan merusak kamera digital. Berhati-hatilah, dan tetap rutin membersihkan kamera agar terhindar dari debu atau air.

Perhatikan Pula Baterai
Baterai kamera digital kadang menjadi hal yang kerap disepelekan. Padahal akibat apabila salah merawat baterai ini sangat fatal. Untuk itu, Anda disarankan agar selalu melepas baterai apabila kamera tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Tempatkan baterai di area yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari. Isi ulang apabila baterai mulai habis. Kemudian pasang kembali jika hendak digunakan. Intinya, pasang-lepas-isi baterai tetap dilakukan secara beriringan sesuai dengan kebutuhan pemakaian.

Itulah sekelumit informasi seputar merawat kamera digital. Tiga hal di atas sangatlah penting dilakukan agar kamera tetap awet dan tahan lama.

Sumber: Wikipedia.com

Tidak ada komentar: