Selasa, 25 Agustus 2015

Perawatan Lensa Kamera

Perawatan Peralatan Fotografi dalam hal ini lensa merupakan hal yang sangat penting dan utama, perlu diperhatikan karena lensa kamera dapat diibarat sebuah alat input dalam sebuah kamera. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan lensa kamera diataranya:

a. Jangan menyentuh lensa secara langsung dengan jari. 
Untuk mengurangi kemungkinan ini terjadi, usahakan lens hood selalu terpasang. Lens hood juga akan melindungi bagian depan lensa dari benturan sekaligus mencegah munculnya flare pada cahaya frontal  menuju lensa.
b. Pasang lens cap ketika lensa sedang tidak dipergunakan. 
Hal ini bertujuan mengurangi kemungkinan terpapar dan menempelnya debu pada permukaan lensa.
c. Membersihkan lensa kamera.
Dalam membersihkan kamera harus mempergunakan peralatan pembersih yang baik dan dianjurkan. mempergunakan lens brush, lens blower, lens paper dan lens cloth yang baik.

Langkah-langkah dalam membersihkan Lensa:


Pertama, menyiapkan kuas
Kuas yang harus di persiapkan adalah kuas yang terdiri dari bulu yang sangat halus, kalau bisa anda harus mencari kuas yang bulunya benar – benar halus. Pastikan bahwa anda harus membeli kuas yang baru, hal ini di gunakan untuk mengantisipasi dan menjamin kebersihan dari kuas yang akan anda gunakan untuk membersihkan dan merawat lensa kamera anda. Usahakan kuas yang anda pilih, bulunya benar – benar kuat dan tidak mudah lepas. Usahakan juga andamencari yang bulunya tebal dan lembut.

Kedua, menyiapkan dust blower
Dust blowe merupakan alat yang bentuknya mirip dengan bentuk pompa dengan ukuran sangat kecil. Alat ini bertujuan sebagai alat untuk meniup kotoran – kotoran yang sangat kecil, misalnya debu. Biasanya debu gampang dan mudah masuk ke dalam lensa kamera, karena memang bentuk lensa kamera banyak sela – selanya dimana rawan dimasuki debu – debu kecil dan halus. Oleh sebab itu debu – debu yang menempel di sela – sela lensa kamera anda harus di bersihkan dengan alat ini, karena kuas belum bisa menjangkau debu yang bersembunyi di sela – sela lensa kamera.


Ketiga, menyiapkan tissu
Pilihlah tissu yang permukaannya benar – benar lembut dan halus. Usahakan memilih tissu yang tidak mudah hancur atau sobek.









Keempat, kain micro fiber
Kain micro fiber merupakan alat yan g di gunakan untuk mengelap bagian body lensa. Kain ini sangat tipis dan sangat halus juga permukaannya. Kain micro fiber bisa anda dapatkan di mana – mana, di toko penjual peralatan kamera.







Kelima, menyiapkan lens pen
Lens pen merupakan alat yang di ciptakan khusus untuk membersihkan dan merawat lensa kamera anda. Alat ini sudah banyak tersedia di toko – toko kamera, jadi anda sudah tidak usah bingung membeli lens pen ini.

Sapukan kuas ke permukan lensa sambil pergunakan dust blower untuk meniup debu2 yang ada menempel pada permukaan lensa, kenapa harus di kuas dan di tiup? Seringkali debu-debu atau patikel-partikel yang menempel ini termasuk yang bisa menyebabkan tergoresnya lensa, saat di bersihkan dengan kertas tissue lensa atau kain micro fiber pada langkah selanjutnya.
Kuas lensa sampai bersih.

Sumber: Wikipedia.com
 

1 komentar:

Cara Membersihkan Jamur Lensa Kamera mengatakan...

Untuk menjaga lensa kamera tetap bersih, faktor utama yang harus dijaga adalah soal kelembaban. Usahakan agar tetap berada pada suhu ideal optik. Namun jika sudah terlanjur berjamur bisa dilakukan dengan pembersihan.