Selasa, 01 September 2015

Jenis-Jenis Lensa Kamera

Lensa kamera DSLR memang terdapat beberapa jenis yang hampir semuanya memiliki fungsi-fungsi tersendiri. Di dalam dunia fotografer Lensa kamera memang selalu menjadi kebutuhan terpenting untuk para fotografer profesional. Dengan adanya lensa-lensa itulah para fotografer dapat gonta-ganti lensa dan membuat mereka mampu untuk berkreasi pada saat pengambilan gambar yang tentunya hanya dengan 1 kamera saja. Dan di kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai beberapa jenis lensa kamera DSLR beserta fungsinya yang tentunya jenis-jenis lensa kamera DSLR ini adalah lensa yang patut untuk di miliki setiap fotografer.

Beberapa Jenis Lensa Kamera DSLR dan Fungsinya

1. Lensa Kit.

Lensa ini biasa juga di sebut dengan lensa standard biasanya lensa ini adalah lensa bawaan di saat anda membeli kamera DSLR. Pada kamera DSLR yang bersensor fullftrame jenis Lensaini memiliki ukuran18-55mm. Jenis lensa kamera DSLR yang ini merupakan lensa yang multi fungsi karena lensa ini dapat di zoom dengan sesuka hati. Jarak pandang yang di hasilkan dengan lensa ini memang hampir menyerupai dengan mata kita.

2. Lensa Wide Angle.

Jenis lensa kamera DSLR yang ke 2 adalah Lensa Wide Angle atau di sebut juga lensa sudut lebar. Jenis lensa kamera DSLR yang 1 ini memiliki karakter dapat merubah sebuah objek yang tidak lebar seolah-olah menjadi lebih lebar dari ukuran sebenarnya, lensa ini juga sangat cocok untuk memotret di tempat yang sempit. Untuk lensa jenis ini memiliki beragam beragam ukuran yaitu dari ukuran 17 mm,24mm,28mm samapai 35mm.atau (11-16 mm, 10-20 mm, 10-22 mm, 10-24 mm) Dan hasil gambar yang di hasilkan dari lensa ini agak sedikit cembung di bagian sudut.

3. Lensa Telephoto.

Jenis lensa kamera DSLR yang satu ini merupakan sebuah lensa kebalikan dari Lensa Wide Angle. Jika Lensa Wide Angle untuk memperbesar sudut pandang namun Lensa Telephoto ini berfungsi untuk mempersempit sudut pandang. Pada umunnya lensa jenis ini di gunakan pada foto lanscape, lensa yang memilki ukuran lebih dari 70mm adalah merupakan Lensa Telephoto.

4. Lensa Fish Eye.

Jenis lensa kamera DSLR yang selanjutnya adalah Lensa Fish Eye lensa ini juga merupakan Lensa Wide Angle namun hanya bedanya jenis lensa kamera DSLR yang satu ini memiliki sudut pandang yang lebih ekstrim. Ketika memotret dengan lensa jenis ini tidak terlalu di perlukan pengaturan fokus yang detail. Dan hasil gambar dari lensa ini mengalami distorsi ekstrim sehingga hasil gambarnya cembung [oval].

5. Lensa Zoom.

Dan Jenis lensa kamera DSLR yang satu ini merupakan jenis lensa kamera DSLR yang memiliki fungsi flexibel yang mana focal-leght yang ada pada lensa ini dapat di sesuaikan dengan keinginan. Lensa ini biasa di juluki dengan lensa sapu jagat karena lensa ini dapat membidik objek foto dengan berbeda, lensa ini sangat cocok bagi anda fotografer yang tidak ingin repot-repot membawa banyak lensa. Lensa ini memiliki ukuran 18mm sampai 200mm. Lensa ini juga merupakan kategori lensa zoom.


Sumber: Wikipedia.com


Tidak ada komentar: